Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Peneliti Amerika Ungkap Peran Besar Perempuan Dibalik Kesuksesan Industri Musik Dangdut Koplo

img_title
Andrea Decker

JagoDangdut – Menjadi seorang penyanyi dangdut koplo khususnya perempuan tidak mudah, hal itu juga terlepas dari stigma negatif tetang perempuan yang berprofesi sebagai seorang penyanyi dangdut.

Mulai dari penampilan hingga goyangannya yang selalu jadi sorotan masyarakat, tetapi dibalik itu semua seorang peneliti asal Amerika Serikat berhasil mengungkapk sebuah fakta menarik terkait dengan peran seorang perempuan dalam musik dangdut koplo.

Peran Penting Perempuan di Dunia Musik Dangdut

img_title
Cak Sodiq dan Andrea Decker
Foto :
  • YouTube/MJ Record Pati

Peneliti yang bernama Andrea Decker itu telah melakukan penelitian secara etnografis jangka panjang terkait dengan dangdut koplo, mulai dari irama lagu, lirik, hingga acara pentas, serta kerja pelaku seni, termasuk perempuan.

Andrea Decker merupakan seorang doktor yang telah membuat bahan disertasi dengan judul “Desire and Dangdut Koplo: Women’s Aspiration and Mobility in Indonesia’s Most Popular Music” atau “Nafsu dan Dangdut Koplo: Aspirasi dan Mobilitas dalam Musik Paling Populer di Indonesia.”

Seperti dikutip dari voaindonesia.com, Andrea mendapatkan beberapa fakta dari penelitiannya itu jika perempuan sangat berperan penting dalam industri musik dangdut. 

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit