Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

4 Jenis Musik yang Berpengaruh pada Musik Dangdut di Indonesia

img_title
Elvy Sukaesih dan Ahmad Albar

Jakarta – Musik dangdut adalah salah satu genre musik yang sangat populer di Indonesia. Musik ini memiliki ciri khas irama yang menghentak, vokal yang melengking, dan lirik yang sederhana namun menyentuh.

Namun, tahukah Anda bahwa musik dangdut tidak tercipta begitu saja? Musik ini ternyata dipengaruhi oleh berbagai jenis musik lain yang ada sebelumnya.

Apa saja jenis musik yang berpengaruh pada musik dangdut? Berikut ini JagoDangdut sajikan penjelasan mengenai jenis musik yang mempengaruhi dangdut.

1. Qasidah

img_title
Nasida Ria
Foto :
  • YouTube/DPM Dangdut Station

Qasidah adalah salah satu jenis musik yang berasal dari Arab dan berkaitan dengan agama Islam. Qasidah biasanya berisi syair-syair yang mengandung nilai-nilai dakwah dan kebaikan. Qasidah masuk ke Indonesia sejak abad ke-7 hingga ke-16 bersama dengan penyebaran agama Islam oleh para pedagang dan ulama dari Arab, Gujarat, dan Persia.

Qasidah memiliki irama yang khas dengan nuansa Timur Tengah. Alat musik yang digunakan adalah rebana, yaitu alat musik perkusi yang berbentuk lingkaran dan ditutup dengan kulit binatang. Qasidah juga sering dinyanyikan dengan paduan suara perempuan yang mengiringi penyanyi utama.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit