Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Bikin Merinding, Ini Keinginan Raja Dangdut Rhoma Irama Sebelum Meninggal Dunia

img_title
Bikin Merinding, Ini Keinginan Raja Dangdut Rhoma Irama Sebelum Meninggal Dunia

JagoDangdut – Sukses berkarier dan jadi legenda hidup di industri musik Tanah Air terutama musik dangdut, selama puluhan tahun, rupanya musisi sekaligus dai, Rhoma Irama masih memiliki obsesi yang belum sepenuhnya terwujud.

Di usianya yang telah menginjak 76 tahun, pria yang mendapat predikat Raja Dangdut itu ternyata mempunyai keinginan untuk membangun  perguruan Islam sebelum kelak meninggal dunia.

"Ya bahwasanya saya sedang mendirikan Perguruan Islam itu sebuah obsesi saya yang Insya Allah ya Allah izinkan itu bisa berdiri sebelum saya berpulang ke rahmatullah. Mudah-mudahan," kata Rhoma Irama saat ditemui awak media di Kawasan Depok Jawa Barat, saat itu.

"(Bentuknya) Sekolah, Boarding School gitu. Di Karawang," sambungnya.

Lebih lanjut, pelantun Begadang tersebut juga mengaku dirinya telah mendapat dukungan penuh dari anak-anaknya.

"Sekarang masih sedang berproses. (Proses pembangunan) iya. Nggak saya hitung-hitung (sudah berapa persen). Atas izin Allah aja," jelasnya.

Belakangan diketahui, keinginan yang membuat bulu kuduk merinding alias takjub tersebut adalah Perguruan Islam Rhoma Irama yang terletak di Karawang, Jawa Barat.

Pendidikan memang merupakan bekal dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul. Sayangnya, tidak semua warga dapat memperoleh pendidikan yang layak karena kondisi ekonomi mereka.

Melihat hal tersebut, Rhoma Irama berencana membangun perguruan Islam untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendirian institusi pendidikan formal.

"Ide membangun perguruan Islam mulai muncul menjelang Papa berumur 70 tahun. Lantas setahun terakhir ini kami mulai intens untuk membicarakan hal tersebut," ungkap putri sulung Rhoma Irama, Debby Veramasari, saat diminta konfirmasinya oleh awak media beberapa waktu silam.

Debby lebih jauh menjelaskan, konsep Perguruan Islam Rhoma Irama akan terdiri dari sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) dengan model boarding school atau sekolah berasrama.

Yang unik, Perguruan Islam Rhoma Irama akan mengutamakan menerima siswa putus sekolah dari kalangan tidak mampu seperti fakir miskin dan anak yatim piatu.

Karena itu, sekolah tersebut tidak menarik biaya kepada para siswa tersebut. Segala pembiayaan sekolah akan dipenuhi melalui dana wakaf.

img_title
Ilustrasi Perguruan Tinggi Rhoma Irama
Foto :
  • Instagram @rhoma_official


Hal tersebut sejatinya sudah dilakukan Raja Dangdut dalam menjalankan pendidikan tingkat taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) di Masjid Husnul Khatimah, Jakarta.

"Selain bangunan sekolah, di lahan itu kami juga mendesain ada area pertanian dan perikanan sehingga para siswa yang tinggal di asrama putra dan putri dapat belajar bertani, berkebun, dan beternak ikan. Di samping itu, akan ada klinik dan masjid. Terdapat pula area olahraga yang sejalan sunah Rasul seperti memanah dan berkuda," papar Debby.

Sebagai informasi, Rhoma Irama mulai dikenal sebagai bintang film kanak-kanak, Djendral Kantjil sekitar tahun 1958.

Kariernya di dunia musik dimulai sejak ia usia 11 tahun, Rhoma sudah menjadi penyanyi, gitaris, pimpinan dan musisi ternama.

Rhoma Irama juga mencetuskan semboyan "Voice of Moslem" (Suara Muslim) yang bertujuan menjadi agen pembaru musik Melayu yang memadukan unsur musik rock dalam musik Melayu serta melakukan improvisasi atas aransemen, syair, lirik, kostum, dan penampilan di atas panggung.

Selain di dunia hiburan, ia juga terjun dalam dunia politik. Di masa awal Orde Baru, ia sempat menjadi maskot penting PPP, setelah terus dimusuhi oleh Pemerintah Orde baru karena menolak untuk bergabung dengan Golkar.

Rhoma Sempat tidak aktif berpolitik untuk beberapa waktu, sebelum akhirnya terpilih sebagai anggota DPR mewakili utusan Golongan yakni mewakili seniman dan artis pada tahun 1993.

Sebagian artikel ini pernah dimuat di antvklik.com dengan judul "Sukses di Dunia Hiburan, Ternyata Rhoma Irama Punya Keinginan Ini Sebelum Meninggal"

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit