Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Layak Dikenang Sepanjang Masa! Ini Dia Para Perintis Dangdut

img_title
Elvy Sukaesih

JagoDangdut – Kalau dengar musik dangdut, pasti badan langsung bergoyang. Banyak yang tidak bisa menampik fakta tersebut. Dalam keadaan sedih maupun senang, alunan irama dangdut selalu pas jadi hiburan yang membawa penyegaran di setiap harinya.

Saat ini, dangdut juga kian marak dengan sentuhan musik kekinian mengikuti perkembangan zaman. Ditambah, para penyanyinya yang masih muda namun bersuara emas, menyejukkan pandangan serta pendengaran. Sebut saja Ayu Ting Ting, Via Vallen, hingga Lesti Kejora. Mereka membuat dangdut kian populer, bahkan sampai ke mancanegara.

Meski begitu, kita tidak boleh melupakan para perintis dangdut yang melahirkan serta mengembangkan musik asli Indonesia ini sejak awal. Kira-kira siapa saja yah mereka? Ini dia, para perintis dangdut yang layak dikenang sepanjang masa.

1. Muhammad Mashabi.

Mengulas sedikit tentang dangdut, Istilah awalnya dikenal sebagai musik Melayu. Sosok yang berkontribusi dalam merubah gaya musik Melayu jadi lebih menarik ialah pedangdut, Muhammad Mashabi. Sekitar pada tahun 50-an, Ia yang juga berprofesi sebagai penulis lagu mulai mengembangkan musik Melayu dengan penambahan instrumen musik, perluasan tema, serta tempo lagu yang lebih dimainkan. Perubahan tersebut merintis dangdut ke permukaan.

Di tengah perjuangan untuk musik dangdut, Muhammad Mashabi harus berpulang di usia muda. Ia meninggalkan beberapa karya melejit diantaranya, 'Ratapan Anak Tiri' dan 'Renungkanlah'. Seiring berjalannya waktu, perkembangan musik dangdut diteruskan oleh ikon dangdut yang lain. Bukan makin redup, justru musik dangdut kian dicinta dan diminati banyak kalangan.

2. Ellya Khadam.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit