Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Peran Musik Religi Kontemporer di Indonesia, Memberikan Edukasi dan Hiburan Mengenai Ajaran Islam

img_title
Kumpulan Lagu Religi Terbaik dari Opick
Sumber :

Jakarta Musik religi kontemporer, seperti kasidah yang mengandung pesan-pesan Islam, telah menjadi bagian dari media elektronik sejak tahun 1970-an.

Ini merupakan bagian dari upaya pembangunan bangsa, di mana artis dengan citra religius maupun sekuler membawakan lagu-lagu Islami di televisi lokal. Seperti apa kelanjutannya? Berikut ini JagoDangdut sajikan untuk Anda!

Peran Musik Religi Kontemporer

img_title
Rhoma Irama dan UAS
Foto :
  • instagram: @ustadzabdulsomad_official

Menurut Inaya Rakhmani, pasca reformasi Indonesia di tahun 2000-an, musik dakwah mendapatkan momentum baru dengan pertumbuhan industri televisi komersial. Terutama selama bulan Ramadhan, musik dakwah menjadi lebih sering ditampilkan di layar kaca.

Genre musik seperti kasidah, rebana, dan dangdut, serta grup-grup musik nasyid, yang populer di Malaysia, kini juga menemukan tempatnya di Indonesia, disiarkan sepanjang tahun oleh televisi dan radio.

Tren ini meningkat dengan kehadiran artis seperti Rhoma Irama dan grup musik seperti Snada (Senandung Nada dan Dakwah) serta Opick, yang mempopulerkan musik dakwah melalui tangga lagu, acara musik, dan konser.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit