Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Deretan Teman Duet Raja Dangdut Rhoma Irama, Mulai Elvy Sukaesih Hingga Pedangdut Asal Malaysia

img_title
Rhoma Irama dan Rita Sugiarto
Sumber :

JagoDangdut – Raden Haji Oma Irama, atau lebih akrab dikenal sebagai Rhoma Irama, bukan hanya sebatas nama dalam industri musik dangdut Indonesia. Ia adalah Raja Dangdut yang lahir pada 11 Desember 1946 dan memiliki perjalanan karier yang luar biasa, mencapai puncak popularitas sebagai musisi dan aktor. 

Rhoma Irama atau juga dikenal dengan sebutan Bang Haji ini mengawali kariernya sebagai musisi sejak tahun 1960-an. Ia memulai mendirikan grup band Gayhand. Tidak lama kemudian, ia bergabung dengan beberapa Orkes Melayu, seperti Chandra Leka dan El Sitara.

Setelah berpindah-pindah dari grub band ke band lainnya, barulah pada 13 Oktober 1973 Rhoma Irama membentuk Orkes Melayu Soneta. Bersama Soneta, Rhoma Irama membawa kesuksesan. Ia memperoleh 9 Golden Records dari penjualan lagunya dan puluhan penghargaan lainnya. Yang fenomenal, gelar Raja Dangdut menempel kepada dirinya tak tergantikan hingga sekarang.

Tak hanya bermusik, Rhoma pun merambah seni olah peran sejak tahun 1970-an. Berbagai film layar lebar yang ia perankan selalu sukses di pasaran. Rhoma memperoleh peran utamanya dalam film “Oma Irama Penasaran” yang rilis tahun 1976.

Sedangkan beberapa filmnya yang terkenal adalah "Satria Bergitar", "Camelia" dan "Pengabdian". Hingga tahun 2017, tercatat sudah 29 judul film yang telah ia perankan.

Pria yang terkenal dengan lagu “Begadang” ini juga sangat produktif menciptakan album baik melewati Soneta maupun secara Solo.

Ada yang berbeda dengan penyanyi satu ini. Rhoma dalam bermusik bukan sekadar hiburan dan bernyanyi semata. Ia menganggap dan memproklamasikan musiknya sebagai musik dakwah (Voice of Moslem) sejak 1973.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit