Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

7 Makna dan Arti Lirik Lagu Sebujur Bangkai Milik Rhoma Irama

img_title
Rhoma Irama

JagoDangdut – Rhoma Irama, sang Raja Dangdut Indonesia, telah menghadirkan karya monumental dalam sejarah musik tanah air. Perjuangannya bermusik harus ia lalui dengan berpindah-pindah grup. Bersama Soneta, ia menuai kesuksesan dan dinobatkan sebagai Raja Dangdut.

Pria kelahiran Tasikmalaya, 11 Desember 1946 ini menjadi pionir tercetusnya musik dangdut di tanah air dengan penggabungan musik melayu, rock, pop, dan India. Segudang karya musik telah lahir darinya.

Rhoma Irama atau juga dikenal dengan sebutan Raden Oma Irama atau Bang Haji ini mengawali kariernya sebagai musisi sejak tahun 1960-an. Ia memulai mendirikan grup band Gayhand. Tidak lama kemudian, ia bergabung dengan beberapa Orkes Melayu, seperti Chandra Leka dan El Sitara.

Setelah berpindah-pindah dari grub band ke band lainnya, barulah pada 13 Oktober 1973 Rhoma Irama membentuk Orkes Melayu Soneta. Bersama Soneta, Rhoma Irama membawa kesuksesan. Ia memperoleh 9 Golden Records dari penjualan lagunya dan puluhan penghargaan lainnya. Yang fenomenal, gelar Raja Dangdut menempel kepada dirinya tak tergantikan hingga sekarang.

Telah menciptakan segudang karya, terdapat salah satu lagu Rhona Irama yang penuh makna adalah "Sebujur Bangkai," sebuah masterpiece yang tidak hanya menghibur tetapi juga menyelipkan pesan mendalam tentang kehidupan dan kematian.  

Berikut ini JagoDangdut akan sajikan tujuh makna dan pesan yang terkandung dalam lirik lagu "Sebujur Bangkai" Rhoma Irama, yang semakin memberikan pemahaman mendalam tentang kehidupan sementara.

img_title
Rhoma Irama
Foto :
  • Instagram/rhoma_official

1. Kehidupan Sementara

Lirik lagu ini dengan tegas mengajukan pandangan bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara. Rhoma Irama menyampaikan gagasan bahwa semua yang bersifat duniawi akan ditinggalkan ketika seseorang menghadapi akhirat. Pesan ini menjadi pengingat bagi pendengar untuk merenung tentang esensi hidup dan arti keberlangsungan setiap perbuatan.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit