Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Indeks

Asalole dan Buka Sitik Joss, Cara Backing Vocal Dangdut Koplo Menjaga Energi dan Harmoni

img_title
Aneka Music

Jakarta - Peran backing vocal sangat penting dalam sebuah penampilan musik. Mereka memiliki tugas untuk mendukung vokalis utama dan menciptakan harmoni suara yang indah guna menciptakan kesempurnaan penampilan suatu lagu.

Menjadi seorang penyanyi latar tentunya harus bisa menahan ego untuk tidak bersaing dengan vokalis utama. Tanpa mereka, lagu-lagu yang dibawakan oleh band-band besar pun terasa kurang lengkap.

Sama halnya dengan genre musik dangdut. Rhoma Irama dan Soneta Group misalnnya, grup musik yang juga menggunakan backing vocal untuk mempercantik setiap lagu yang ia bawakan. 

Seiring berkembangnya musik dangdut, lahirlah aliran dangdut koplo, musik dangdut dengan irama yang lebih enerjik. Dangdut koplo juga menggunakan penyanyi pendukung, namun dengan gaya yang berbeda dengan genre musik lainnya.

Improvisasi Vokal

img_title
Aneka Music
Foto :
  • YouTube: Aneka Safari Records

Dalam musik dangdut koplo, backing vocal memiliki peran yang cukup penting. Mereka membantu menciptakan harmoni dan kedalaman suara dalam lagu. Musik koplo sendiri adalah sub-aliran dalam musik dangdut dengan ciri khas irama yang cepat dari gendangnya.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit