Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Kebangkitan Dangdut Hip Hop di Industri Musik Indonesia

img_title
NDX AKA di Kendal

Jakarta - Musik dangdut koplo menunjukkan grafik yang signifikan terus sejak 2 dekade belakangan ini. Dengan irama yang lebih cepat dari dangdut klasik, dangdut koplo berhasil mengangkat musisi-musisi daerah semakin dikenal di Indonesia.

Seperti diketahui, musik dangdut sendiri dipengaruhi oleh berbagai genre musik asing, seperti India, Melayu, Arab, dan Barat. Seiring dengan perkembangannya, dangdut juga banyak menghasilkan sub-genre lainnya.

Seperti halnya dangdut hip hop, yaitu genre musik yang menggabungkan unsur dangdut dan hip hop. Dangdut hip hop mulai dikenal sekitar tahun 2010-an, ketika beberapa penyanyi dangdut seperti Via Vallen dan Nella Kharisma mempopulerkan lagu-lagu yang menggunakan rap dan beat hip hop.

Jika melihat beberapa tahun ke belakang, ada sebuah fenomena di masyarakat setelah Via Vallen membawakan lagu berjudul 'Bojo Galak'. Keberhasilan lagu tersebut membuat karya itu seakan tak pernah absen di setiap pentas dangdut.

Kini lagu-lagu dangdut hip hop yang menggunakan bahasa Jawa itu pun sedang menjadi tren. Aliran musik tersebut juga berhasil menciptakan basis penggemar yang cukup fanatik. Berikut ini 3 band aliran dangdut hip hop Tanah Air yang sedang naik daun.

1. Pendhoza

img_title
Pendhoza
Foto :
  • YouTube: Pendhoza Official
Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit