Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Full Album Dangdut Koplo Terbaru 2023, Ada Putus Cinta hingga Ngomongo Cinta

img_title
Full Album Dangdut Koplo Terbaru 2023, Ada Putus Cinta hingga Ngomongo Cinta
Sumber :

JagoDangdut – Musik koplo atau dikenal juga Dangdut koplo adalah sebuah bagian aliran dalam musik dangdut. Dengan ciri khas irama yang cepat dari gendangnya.

Aliran ini dipopulerkan oleh grup musik orkes melayu atau yang biasa disingkat dengan OM. Grup musik ini merajai pentas panggung rakyat di pulau Jawa.

Terutama di daerah Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, serta Banten. Pada era tahun 2000-an seiring dengan kejenuhan musik ini mulai ramai didengar oleh semua kalangan.

Di awal era 2000 musisi di wilayah Jawa Timur di daerah pesisir Pantura mulai mengembangkan jenis musik dangdut baru. Musik ini disebut dengan koplo.

Musik koplo merupakan mutasi dari musik dangdut setelah era Congdut yang bertambah kental irama tradisionalnya. Ditambah dengan masuknya unsur seni musik kendang kempul.

Ini merupakan seni musik dari daerah Banyuwangi dan irama tradisional lainnya. Seperti Jaranan, Gamelan, dan Jaipongan pengaruh dari musik Sunda.

Seiring berjalannya waktu, variasi atau cabang baru bagi musik Dangdut ini semakin fenomenal. Setelah area kekuasaannya meluas ke beberapa wilayah seperti di DI Yogyakarta dan beberapa kota di Jawa Tengah lainnya.

Salah satu hal yang membuat genre ini sukses penyebarannya karena VCD bajakan mudah dan murah didapatkan.  Kesuksesan VCD bajakan tersebut juga dibarengi dengan fenomena "Goyang Ngebor" Inul Daratista.

Fenomena itulah yang sebenarnya membuat popularitas Dangdut Koplo semakin meningkat di se-antero Indonesia. Apalagi setelah kontroversi "Goyang Ngebor" milik Inul Daratista itu tercium oleh beberapa media-media televisi swasta nasional.

Oleh karenanya, masyarakat Indonesia semakin mengenal Dangdut Koplo dan juga Inul itu sendiri. Namun, popularitas koplo tidak berkurang.

Inilah lagu dangdut koplo yang populer di tahun 2023, dari lagu putus cinta yang dibawakan Della Monica, hingga lagu ngomongo cinta, yang dibawakan Salma.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit