Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

6 Biduan Dangdut yang Kontroversi Gegara Lagunya Dituding Plagiat

img_title
Siti Badriah Zaskia Gotik Via Vallen Dewi Perssik Ayu Ting Ting
Sumber :

Jakarta - Industri musik dangdut di Indonesia telah menghasilkan banyak penyanyi berbakat yang mampu menciptakan lagu-lagu yang mendapatkan perhatian luas. 

Namun, di tengah keberhasilan ini, beberapa penyanyi dangdut telah terjerat dalam kontroversi yang serius terkait dugaan tindakan plagiat dalam karya musik mereka. Artikel ini akan mengulas beberapa kasus kontroversial yang melibatkan tudingan plagiat di dunia dangdut, baca sampai habis!

1. Via Vallen - 'Sayang' dan Kiroro - 'Mirai E'

img_title
Via Vallen dan Chevra Yolandi
Foto :
  • instagram.com/ viavallen

Sejak diperkenalkan pada tahun 2017, Via Vallen dan lagu 'Sayang' berhasil meraih popularitas yang luar biasa. Menurut informasi dari saluran YouTube milik Via, hingga tahun 2020, lagu 'Sayang' berhasil mengumpulkan sekitar 189 juta penayangan. Usai kehebohan seputar lagu ini, muncul fakta menarik bahwa lagu 'Sayang' awalnya dicetuskan oleh Antonius Obama dan pertama kali dikenalkan oleh grup musik Om Wawes dari Yogyakarta. '

Tak hanya itu, diakui pula bahwa nada lagu 'Sayang' terinspirasi oleh musik Jepang yang dipopulerkan oleh Kiroro. Walau begitu, substansi liriknya sangatlah berbeda. 'Sayang' mengisahkan tentang duka hati, sementara 'Mirai E' berkisah tentang seorang ibu.

2. Melinda - 'Cinta Satu Malam' dan Cascada - 'Everytime We Touch'

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit