Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Profesor Ini Akui Pernah Teliti Kontroversi Inul Daratista

img_title
The Dangdut Cowboys, band dangdut asal USA.
Sumber :

JagoDangdut – Andrew Weintraub adalah vokalis sekaligus gitaris The Dangdut Cowboys yang bergelar Profesor di Universitas Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat. Dia sudah 20 tahun bergelut dalam musik dangdut.

Ketertarikan Andrew mempelajari musik dangdut, ketika dirinya pertama kali mengujungi Indonesia dengan berniat membuat penelitian.

"Waktu pertama kali ke Indonesia tahun 1984 sudah suka, tapi tidak jadi objek penelitian pada waktu itu. Enggak boleh, karena itu musik populer. Jadi saya pilih musik tradisional. Sudah jadi Profesor baru bisa menulis tentang apa saja," ucap Andrew

Sementara setelah dirinya dinobatkan sebagai Profesor, Andrew mengaku mulai meneliti tentang musik dangdut di Indonesia pada tahun 2003 yang lalu saat adanya kontroversi Inul Daratista.

"Baru tahun 2003 sebetulnya, waktu ada kontroversi Inul Daratista. Karena itu sangat menarik untuk bisa belajar tentang Indonesia, bisa tahu Indonesia. Melalui Demokrasi, hal perempuan pada waktu itu, hal erotisme segala macam bisa diteliti melalui tubuh Inul," ungkap Andrew.

Setelah melakukan berbagai macam penelitian, Andrew Weintraub membentuk band The Dangdut Cowboys pada tahun 2007, dengan formasi 7 orang personil yakni dirinya Andrew Weintraub sebagai (Vokal dan Gitar), Meghan Hynson (Vokal), Stephen Schultz (Flute/Seruling), Samuel Boateng (Keyboard), Brian Riordan (Gendang), Matt Aelmore (Bass).

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit