Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Perjalanan Karier Ida Laila, dari Pedangdut Lalu Penceramah

img_title
Pedangdut era 70an Ida Laila
Sumber :

JagoDangdut – Jarang tampil di layar kaca, penyanyi dangdut legendaris Ida Laila membawa kabar mengejutkan.  Ida diduga mengidap penyakit diabetes, asam urat, dan kolesterol. Karena penyakit itu juga, ia akhirnya mengurangi aktivitas di dunia tarik suara. Namun kini sang biduan lawas itu harus kembali menghadap sang Illahi, pada Kamis, 12 September 2019 pukul 02.00 dini hari.

Ida Laila tutup usia di-75 tahun, ia terlahir dengan nama Moerahwati, Ida lahir di Gresik, Jawa Timur, 27 November 1943. Ida adalah penyanyi lagu-lagu Melayu dan dangdut di era awal 1960 hingga 1970-an. Namanya juga populer lewat lagu Keagungan Tuhan karangan A. Malik Bz.

Ida Laila, yang menikah dengan Mulyono, lebih dikenal sebagai seorang penceramah agama. Walaupun ia mengakui tidak berhenti menyanyi. Permintaan berceramah, yang dianggapnya lebih utama, datang bertubi-tubi membuatnya sukar membuat jadwal untuk kegiatan menyanyi.

Sebelumnya, pada tahun 1965 Ida membawakan lagu Siksa Kubur ciptaan Achmadi, lagu itu pun direkam ulang di tahun 1976 dan dinyanyikan oleh Rita Sugiarto serta OM PSP, dan Sepiring Berdua. Ida juga memiliki karakter suara yang cocok dengan lagu-lagunya yang melankolis dan liriknya Penuh Derita. Diketahui Ida tampil pertama kali bersama OM Sinar Kumala Surabaya.

Setelah itu, ia pun bergabung dengan berbagai grup seperti OM Awara, OM Sonata, dan OM Sanata. Ida membuat sedikitnya 18 album piringan hitam. Bersama OM Sinar Mutiara meluncurkan tujuh buah album. Seperti Siksa Kubur tahun 1960, Berkasih Mesra tahun 1964, Keagungan Tuhan tahun 1965, Peerintah Ilahi tahun 1967, dan lain sebagainya.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit