Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Lewat Dangdut, Happy Asmara Kenalkan Budaya Lokal Jawa Timur

img_title
Happy Asmara fitting baju adat Jawa

JagoDangdut – Penyanyi Happy Asmara mengatakan dirinya ingin mengenalkan budaya lokal Jawa Timur melalui karya-karyanya yang berupa lagu dangdut.

"Menurut Happy, kita bisa tidak budaya dengan terus membawanya (dengan kita). Maka dari itu, kita harus PD (percaya diri) saat membawakannya, dan jangan lupa memberi inovasi dan hal-hal baru bagi karya-karya kita, agar masyarakat tidak jenuh ," kata Happy saat berada di Jakarta.

img_title
Happy Asmara
Foto :
  • Happy Asmara INSTAGRAM

Lebih lanjut lagi, wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur tersebut menyatakan kedekatannya dengan seni budaya dari tempat yang tidak pernah dikenal dari sang nenek dan kedua orang tuanya. Ia mengaku orang tuanya mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai budaya sejak kecil.

"Happy sempat ikut seni tari kuda lumping, dan sekarang menyanyikan lagu-lagu daerah, yang akhirnya membuka perjalanan karier sebagai penyanyi dangdut. Dulu, orang mengira bahwa dangdut, campur sari itu. Tapi, keduanya merupakan 'kiblat' bagi anak muda dan cukup digemari oleh banyak generasi, dan cocok untuk dilestarikan," ujar Happy. 

img_title
pedangdut Happy Asmara
Foto :
  • dok.ist

Happy pun suka untuk membuat karya-karyanya sendiri dengan pendekatan budaya dan cerita di lingkungan sekitarnya. Ia mengaku suka membawakan lagu-lagunya dengan Bahasa Jawa.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit