Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Dangdut Klasik Vs Dangdut Modern Versi Iis Dahlia

img_title
Iis Dahlia

JagoDangdut – Dalam perkembangan musik Dangdut di Indonesia saat ini, memang banyak pencampuran dengan genre musik lain, seperti Koplo, Reaggae, Electronic Dance Music (EDM), Remix, dan lain sebagainya. Iis Dahlia menyebut terdapat perbedaan yang signifikan terhadap musik Dangdut Klasik dengan musik Dangdut yang saat ini banyak dinyanyikan oleh kaum millenial. 

Menurut pelantun lagu Payung Hitam ini, Dangdut Klasik mempunyai tingkat kesulitan untuk dinyanyikan. bukan hanya teknik vokal, akan tetapi juga membutuhkan penjiwaan yang sangat mendalam.

"Beda, Dangdut Klasik itu nyanyinya lebih susah loh. Harus ada kritingnya (Teknik vokal), harus jiwanya, kalau musik kaya Koplo remix gitu nyanyinya sebenenya hampir sama kaya Pop gitu. Dan gak semua penyanyi dangdut sekarang itu bisa menyanyikan Dangdut Klasik dengan bener," ungkap Iis Dahlia.

Iis menyebut jarang dari mereka kurang mempunyai cengkok atau teknik vokal untuk menyanyikan lagu dangdut dengan benar. Iis beranggapan, bahwa ia selalu menyambut gembira kedatangan para pendatang baru dalam belantika musik dangdut Tanah Air. Apalagi dengan menjadi salah satu juri di ajang pencarian bakat, Ibu dua orang anak ini mengaku senang dengan kehadiran mereka. 

"Gak papa. kalo aku gak ngomongin penanyanyi dangdut secara global yang lain yah, tapi kalo aku selalu welcome sama anak-anak. Bahkan kayak sekarang aku kan salah satu juri di acara-acara pencarian bakat, anak aku jadi banyak. Aku selalu welcome sama siapapun," tuturnya. 

Biduan kelahiran Indramayu, 29 Mei 1972 ini mengaku bahwa, mulai dari Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Cita Citata merupakan anak asuhnya dalam dunia Dangdut. Bahkan penyanyi dangdut millenial jebolan ajang pencarian bakat Dangdut Academy Lesti Kejora dan Riski-Ridho, dan bibit bakal penyanyi dangdut di Kontes Dangdut Indonesia (KDI) juga sudah dianggap sebagai anak didiknya. Kendati demikian, Iis Dahlia tidak menganggap bahwa selain musik dangdut klasik tidak mempunyai kualitas. Bahkan menganggap mereka seperti keluarga. 

"Dari Ayu Ting Ting, Zaskia Gotik, Cita Citata itu semua anak-anak aku. Belom lagi yang ke sini-sini ada Lesti, ada Riski-Ridho, ada anak-anak KDI juga. karena kan sekarang saya juga jadi juri di KDI juga, emang anak saya tuh banyak. Dan saya rasanya seneng, dan gak ngerasa bahwa enggak ah lo dangdutnya ecek-ecek (tidak berkualitas) atau apa. Buat saya sama aja, musisi tuh sama aja," terang Iis.

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit