Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Indeks
img_title
Vety Vera

Vety Vera

Tasikmalaya, 23 November 1973

s/d

Sekarang
solo

Riwayat - Nama Vety Vera tersohor setelah membawakan lagu 'Sedang-Sedang Saja'. Dengan lagu ini, dia bahkan bisa keliling ke banyak negara.

Dengan meledaknya album 'Sedang-Sedang Saja' yang rilis pada 1991, Vety Vera mendapatkan HDX Award dan ia manggung ke Amerika, Belanda, Inggris, dan Hongaria.

Setelah itu, Vety merilis album Kok Masih Kurang, Kira-kira Dong, Jakarta dan Kasihku, Repot Ganti Baju, Terus terang Saja, Macho, Diraba-raba dan Gerimis (2001).

Setelah vakum dari dunia rekaman selama 5 tahun, anak sulung ini meluncurkan album ke-12 pada ulang tahunnya yang ke-32 bertajuk Suratan Cintaku (2005).

Album ini berisi delapan lagu baru, ditambah satu karya Rhoma Irama berjudul "Santai" yang dinyanyikannya secara duet bersama sang adik yang juga penyanyi dangdut, Alam.

Sebelumnya, wanita kelahiran Tasikmalaya 23 November 1973 ini jatuh bangun dalam menekuni menyanyi. Ia bakan mengawali kiprahnya sebagai menyanyi keliling daerah dan sempat gagal dengan album perdananya 'Si Ujang'.

Namun, ia tak pantang menyerah hingga sukses ditangannya. Ia terus melahirkan beberapa album dan selalu mendapatkan penghargaan.

Ia mendapatkan penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2006, untuk Artis Solo Wanita Terbaik serta lagu "Suratan Cintaku" meraih Penata Musik Terbaik.



Biduan
Buka Dikit