6 Genre Musik Dangdut yang Ada di Indonesia, Mulai dari Rohani Hingga Remix - JagoDangdut

6 Genre Musik Dangdut yang Ada di Indonesia, Mulai dari Rohani Hingga Remix

Musisi Dangdut Koplo Hits 2023
Share :

JagoDangdutDangdut, sebuah warisan budaya Indonesia, telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat, terdengar di televisi, acara pertunjukan, kondangan, dan konser.

Meskipun popularitasnya meluas, sejumlah orang mungkin masih merasa ragu atau bahkan enggan menyukainya. Dangdut sebenarnya adalah genre musik asli Indonesia, sejajar dengan aliran musik keroncong dan campur sari.

Untuk memahami esensi dangdut, kita perlu membongkar ke dalam dunia musik ini yang penuh keberagaman. Musik dangdut adalah salah satu genre musik yang sangat populer di Indonesia. Musik ini berasal dari musik Melayu yang berkembang pada tahun 1950 hingga 1960-an, dengan rata-rata lirik lagunya bertema akan percintaan.

Musik dangdut banyak dipengaruhi oleh unsur musik Hindustan (India Utara), Melayu, dan Arab. Pengaruh dari ketiga unsur genre musik tersebut secara tidak langsung menciptakan genre musik “baru”, yakni musik dangdut.

Musik India mempunyai unsur utama berupa tabuhan gendang, sementara suara cengkok penyanyi adalah unsur utama dari musik Melayu.

Kata dangdut berasal dari bunyi alat musik tabla yang kala itu sering menjadi alat musik pengiring, berupa “tak, tung, dang, dan dut ”. Nah, kata “ dang ” dan “ dut ” kemudian menjadi terminologi baru untuk menyebut Orkes Melayu.

Musik dangdut, sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, terus berkembang dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah.

Share :
Berita Terkait