Home Biduan Lirik Artikel Internasional Orkes Foto Indeks

Tak Hanya Roro Fitria, Jebolan KDI ini Juga Bebas dari Bui

img_title
Ramesh KDI
Sumber :

JagoDangdut – Dari 143 narapidana penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Tanjung Gusta Medan menerima pengurangan masa hukum dan bebas lebih cepat secara bertahap. Salah satunya, langsung menghirup udara bebas adalah penyanyi dangdut, M.Ramesh.

Ramesh merupakan penyanyi dangdut jebolan ‎Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 3, saat itu ditayangkan di TPI. Yang sekarang berubah menjadi MNC tv. Pria asal Kota Medan terjerat kasus penipuan dengan korban HS, yang tak lain adalah produsernya sendiri dengan kerugian ratusan juta.

"Senang bang, dapat berkumpul lagi sama keluarga," ungkap Ramesh kepada wartawan di Lapas Tanjung Gusta Medan, Kamis 2 April 2020.

Pria berusia 40 tahun itu, divonis 5 tahun penjara atas kasus menjeratnya. Namun, Ramesh sudah menjalani hukuman 3 tahun dan 7 bulan kurang penjara. Ia pun, layak menerima ‎asimilasi berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020, tentang pengeluaran Narapidana dan Anak.

Ramesh pun, mengaku tobat dan tidak mau melakukan perbuatan melanggar hukum lagi. Ia bersyukur mendapat asimilasi dari Pemerintah Indonesia dalam rangka pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona di kalangan wargabinaan.

"Cukup sudah, saya tobat dan tidak mengulanginya lagi," kata Ramesh sembari mengatakan selama pandemi Covid-19 akan mengikuti imbau Pemerintah untuk di rumah saja.

Untuk di Sumatera Utara, terdapat ‎9589 narapidana menghirup udara bebas. Namun, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ‎Sumut‎ akan menerapkan asimilasi dan integrasi secara bertahap.

‎Kepala Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Kanwil Kemenkumham Sumut, Jahari Sitepu mengungkapkan ribuan napi menerima pembebasan lebih cepat. Terdiri napi yang sudah menjalani setengah masa hukuman atau Asimilasi per 1 hingga 7 April 2020, dengan jumlah 5102 orang.

"Sedangkan yang telah menjalani 2/3 masa hukuman atau Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat dan Cuti Menjelang Bebas (CMB) tercatat 4487 orang," kata Jahari kepada wartawan di Medan, Kamis 2 April 2020.

Yang mana, 9589 napi tersebut merupakan penghuni 39 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Sumut.

Selain Ramesh, sebelumnya artis dan pedangdut Roro Fitria juga hirup udara bebas.

Laporan; Putra Nasution (Medan)

Berita Terkait
Biduan
Buka Dikit